Menu
Percayakan pembuatan seragam organisasi anda kepada kami, Kualitas produk dan layanan terbaik adalah prioritas kami

SERAGAM SEKOLAH MOTIF KHAS NTB

Feb
16
2018
by : d****. Posted in : Sekolah, Testimoni

S079 SeragamSekolahKerja

SERAGAM SEKOLAH MOTIF KHAS NTB

Sejarah Batik NTB Sosial budaya masyarakat provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tidak bisa dilepaskan begitu saja dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Banyak hal yang serupa dari kedua provinsi ini termasuk tentang kain khasnya. Nusa Tenggara Barat resmi melepaskan diri dari NTT dan mendapatkan status sebagai provinsi sebagaimana adanya sekarang, sejak tahun 1958, berawal dari ditetapkannya Undang-undang Nomor 64 Tahun 1958 tanggal 14 Agustus 1958 tentang Pembentukan Daerah-daerah Swatantra Tingkat I Bali, NTB dan NTT. Jadi wajar saja kalau di NTB pada awalnya yang terkenal itu adalah kain tenunnya atau songket terutama kain khas Sasak. Namun seperti kita ketahui bahwa kejayaan dan kemegahan kerajaan Majapahit itu dirasakan hampir di seluruh wilayah di Indonesia termasuk pulau Lombok dan Sumbawa. Kedua pulau ini termasuk di dalam wilayah provinsi NTB. Di mulai sejak masuknya pengaruh kerajaan Majapahit melalui ekspedisi di bawah Mpu Nala pada tahun 1343 sebagai pelaksanaan Sumpah Palapa Maha Patih Gajah Mada yang kemudian diteruskan dengan inspeksi Gajah Mada sendiri pada tahun 1352. Pada saat kerajaan Majapahit melakukan ekspedisi di kerajaan Selaparang di wilayah Nusa Tenggara, salah satu budaya yang ditinggalkan adalah kegiatan membatik. Namun dalam perkembangannya batik tidak mengalami perkembangan yang bagus dikarenakan masyarakat NTB lebih menyukai dan berupaya untuk membuat kain tenun. Bentuk dari hasil budaya batik ini bisa kita lihat pada kain penutup kepala khas lelaki NTB yang di sebut capuq semacam ikat kepala. Belakangan karena sedikitnya tempat membuat batik di NTB , kain yang digunakan sebagai bahan capug itu didatangkan dari daerah lain.

INFORMASI PENTING

Batik Sasambo Dalam perkembangannya seiring dengan ditetapkannya batik sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO, pemerintah Provinsi NTB tergerak untuk mengembangkan batik . Pada tanggal 17 April 2010 diluncurkanlah batik ‘Sasambo’ Sasambo ini merupakan akronim dari nama tiga suku besar yang ada di NTB, yaitu Sasak (penduduk asli Pulau Lombok), Samawa (sekarang wilayah Kabupaten Sumbawa Barat dan Kabupaten Sumbawa), dan Mbojo (masyarakat di Kabupaten Bima dan Dompu). Hal ini dengan tujuan agar setiap suku yang ada di NTB merasa memiliki dan saling melestarikan penggunaan batik Sasambo ini. Motif dan Warna Motif batik Sasambo ini mengusung adat dan budaya lokal NTB. Ada motif ”Kelotok Sapi” atau gantungan kayu kotak berbunyi yang biasa diikat di leher Sapi khas peternak Lombok, ada motif kangkung yang menggambarkan makanan khas Lombok, ada motif Cabe atau Lombok, Mutiara, dan Gerabah. Ada juga motif rumah panggung yang mewakili rumah adat di pulau Sumbawa. Kemudian motif lumbung Raja Bima, kerang, daun pepaya, daun bebele (semacam pegagan), serta tokek yang merupakan hewan keberuntungan di Lombok. Motif batik Sasambo ini yang paling terkenal adalah motif Kangkung karena Lombok sangat terkenal dengan makanan khasnya ‘Pelecing Kangkung’. Warna Batik Sasambo ini beragam, merah, oranye, biru gelap dan lain sebagainya. Sedangkan motif batik Sasambo yang paling digemari oleh masyarakat untuk di beli adalah motif Kangkung yang berwarna merah berpadu kuning keemasan. Cara Pembuatan Proses pembuatan batik Sasambo hampir sama dengan cara pembuatan batik pada umumnya di daerah Jawa. Mulai dari pembuatan pola dengan menggunakan lilin malam, pewarnaan, piksasi (penguatan warna), pembilasan, pelorotan, dan penjemuran. Proses pengeringan batik sasambo juga dilakukan dengan menggantung kain di tali jemuran.Batik Sasambo dibuat berupa batik tulis, batik cap serta batik kombinasi tulis dan cap.

 

PEMESANAN

Hubungi Kami Sekarang Alamat : Jl. Salak 5 No. 125 RT. 4/19 Ngringo, Jaten, Karanganyar, 57772 Telepon : 0271 – 8202839 Handphone : *085647595948 *085725072225 Pin BB : * DOAB5E4B Email : marketingkayamara@gmail.com Jam Kerja : 09.00 – 17.00 ( Senin – Jumat ) 09.00 – 14.00 ( Sabtu )

klikbatikkayamara Ngobrol dengan CS Kami

artikel lainnya SERAGAM SEKOLAH MOTIF KHAS NTB

Thursday 18 January 2018 | Blog, Dinas, Kantor, Komunitas, Motif, Sekolah

seragam batik di surabaya Seragam batik Surabaya berkualitas harga terjangkau katun prima dan katun primisima melayani…

Tuesday 23 January 2018 | Blog, Dinas, Kantor, Komunitas, Sekolah

batik seragam umroh Saat akan berangkat Haji dan Umroh hendaknya memikirkan baju yang akan dikenakan untuk…

Thursday 8 February 2018 | Testimoni

  Testimoni Ny. Agus Prihatin pesan kain batik warna oranye dan warna biru. Dia pesan 2…

Saturday 17 February 2018 | Sekolah

SERAGAM SEKOLAH BATIK WARNA BIRU DONKER Seragam sekolah saat ini semakin berwarna. Tidak sekadar abu-abu putih…

Jl. Salak 5 No. 125 Ngringo, Jaten, Karanganyar 57772, Solo - Indonesia
02718202839
085647595948
DOAB5E4B
085647595948
cintakayamara@gmail.com