Kota Penghasil Batik di Jawa Tengah | Kayamara Batik
Menu
Sejak 2012, Kami Melayani pembuatan seragam batik untuk Sekolah, Kantor, Organisasi, Komunitas, Keluarga Kualitas terbaik dan Harga Terjangkau.

Kota Penghasil Batik di Jawa Tengah

Nov
06
2018
by : arifian. Posted in : Berita, Blog

Kota Penghasil Batik Terbesar di Jawa Tengah

ProduksiSeragamBatik014Solo.jpg

1. Batik Pekalongan

Batik asli Pekalongan konon memiliki nilai historis yang berkaitan dengan pergolakan di zaman kolonial Belanda. Ketika Panembahan Senopati mengumumkan perang terbuka melawan Belanda perpecahan terjadi di lingkungan keraton Yogyakarta. Keluarga keraton sempat terpecah belah. Para bangsawan meninggalkan keraton bersama para pengikutnya dan menetap di berbagai daerah termasuk Pekalongan. Di daerah-daerah baru tersebut kerajinan batik tetap dikembangkan keluarga keraton disertai modifikasi yang terinspirasi kondisi daerah di tempat tinggal baru tersebut.

Pekalongan adalah salah satu daerah produksi utama batik dengan desain utara Jawa pesisir. Walaupun Pekalongan bukan penghasil batik pesisir tertua, namun paling halus dan sampai sekarang penghasil batik utama. Ragam hias Hindu-Jawa melekat namun tidak seperti Solo-Yogya yang terikat peraturan-peraturan keraton. Pembatik santri di Pekalongan pun menerapkan seni hias dari nuansa Islam. Pengaruh dominannya datang dari Cina dan Belanda, dan akibat paparan dengan berbagai budaya, sangat berbeda dengan batik di pedalaman Jawa. Warna lebih beraneka dan ragam hiasnya naturalistis. Dari sekian banyak jenis batik Indonesia, batik Pekalongan merupakan salah satu motif batik khas Indonesia yang disukai masyarakat dunia.Batik adalah kain bermotif yang memiliki nilai historis dan filosofis.

2. Batik Solo

Batik Solo adalah salah satu batik yang sangat terkenal dengan pola dan corak tradisional baik dalam proses cap atapun batik tulisnya. Pola dalam batik solo yang terkenal yaitu “Sidoluruh dan Sidomukti”, adapun bahan-bahan yang digunakan dalam proses pewarnaan yang biasa dipakai yaitu soga jawa yang sudah dipakai sejak zaman dulu.

Pada zaman kerajaan, batik hanya terbatas dipakai untuk lingkungan keluarga keraton. Akibat peperangan besar, sebagian keluarga keraton mengungsi dan keluarga keraton inilah yang mengembangkan pembatikan ke masyarakat luas di pelosok Pulau Jawa. Batik solo merupakan jenis batik yang sudah terkenal dan memang paling banyak diminati oleh konsumen baik dalam negeri ataupun luar negeri, dikarenakan corak dan kualitasnya yang bagus.

KlikCharWAKayamaraBatikJilbab

artikel lainnya Kota Penghasil Batik di Jawa Tengah

Sabtu 3 November 2018 | Berita, Blog

Makna Motif Megamendung   Mega Mendung merupakan motif batik Cirebon yang populer. Motif batik dengan pola-pola…

Rabu 6 September 2017 | Blog, Dinas, Komunitas, Pernikahan

Hem Batik Modern Pria Muda, Baju Batik Seragam Kerja, Pakaian . Jual Kemeja Batik Pria Terbaik…

Jumat 19 Januari 2018 | Blog, Dinas, Kantor, Komunitas, Sekolah

Ini kenapa DPW begitu menginspirasi gerakan positif di Indonesia. Sepak terjangnya begitu memberikan inspirasi untuk berbakti…

Selasa 4 Juni 2019 | Blog, Sekolah

Kenapa MBS Di samping memiliki kurikulum perpaduan antara DIKNAS dan Diniyah pada jam belajar pagi (pukul…

Salam hangat, Perkenalkan Kami Adalah Kayamara Batik, Printing Baju Batik Yang Beralamat di Karanganyar Soloraya,

Produk baju batik seragam berlogo merupakan suatu kebanggaan anda, baju batik seragam kerja pria kain batik seragam memiliki daya tarik sendiri dan sebagai citra dari sebuah organisasi. Kami menawarkan jasa pembuatan seragam batik dengan motif yang

Jl. Salak 5 No. 125 Ngringo, Jaten, Karanganyar 57772, Solo - Indonesia
0271-8202839
085647595948
085647595948
marketingkayamara@gmail.com