PROSES PENGAWASAN KUALITAS SERAGAM BATIK MOTIF JARIK KLASIK | Kayamara Batik
Menu
Sejak 2012, Kami Melayani pembuatan seragam batik untuk Sekolah, Kantor, Organisasi, Komunitas, Keluarga Kualitas terbaik dan Harga Terjangkau.

PROSES PENGAWASAN KUALITAS SERAGAM BATIK PRINTING MOTIF JARIK KLASIK

Jun
15
2019
by : .. Posted in : Berita, Blog, Motif, Portofolio

Baju Batik Seragam Kayamara Solo memang unik dan khas dimulai dari proses pembuatan kain batik tulis yang panjang akhirnya menghasilkan baju batik yang berkelas. Siap Menerima Pesanan Seragam Batik Dengan Proses Cepat, Harga Grosir Dan Kualitas Terbaik. Pabrik Batik Dengan Pengerjaan Cepat & On Time. Dengan Harga Grosir. Order Sekarang.

ProduksiBatik0007 motifcek

Kendali Kualitas Hasil Cetakan Batik

Pengendalian kualitas merupakan usaha untuk mempertahankan kualitas produk yang akan digunakan sebagai dasaran motif batik yang akan dirakel.
ProduksiBatik0031 jemuran

Kualitas Kekeringan dalam Penjemran Hasil Cetakan Batik

Penjemuran dan pencucian kain batik termasuk perawatannya Setelah dicuci, penjemuran kain dilakukan di bawah sinar matahari atau dibawah seng. Bagaimana membedakan batik yang pencetakannya bagus secara kualitas dan harganya? Kontrol atau pengecekan antar proses harus dilakukan.
ProduksiBatik0030 screen

Proses Awal Produksi Batik Printing Seragam

Pengertian dari Batik Seragam cetak printing / Batik Seragam sablon adalah Batik Seragam ini termasuk penemuan dari jenis Batik Seragam baru yang cara pembuatannya melalui proses cetak sablon manual / cetak printing mesin pabrik. Seperti dilihat dari namanya, cara membuat Batik Seragam cetak printing ini sama seperti teknik pembuatan spanduk hanya saja be&ya adalah dalam bahan & warna yang digunakan. Batik Seragam cetak printing sekarang ini lebih di minati oleh para pengrajin Batik Seragam,baik para pengrajin Batik Seragam dari Pekalongan, Solo, Jogja, / pun dari daerah – daerah lain penghasil kerajinan Batik Seragam cetak printing.Batik Seragam cetak printing di nilai lebih punya keunggulan banyak kalau di lihat harga & waktu pengerjaannya.Dalam jenis ini lebih ungul dari segi harga maksudnya bahwa harga Batik Seragam cetak printing ini jauh lebih murah dari dalam Batik Seragam cap /pun Batik Seragam tulis,sehingga lebih dapat terjangkau untuk para golongan menengah ke bawah,sehingga klo kita lihat dari segi pasar pastilah akan lebih unggul menurut para juragan pengrajin Batik Seragam,karena tentunya kita semua tahu kan,bahwa di Indonesia ini masyarakatnya mayoritas kelas menengah ke bawah. Kemudian kalau di lihat dari segi proses pengerjaannya,Batik Seragam ini sangat – sangatlah lebih menyingkat waktu & tenaga,karena dalam satu hari saja Batik Seragam cetak printing dapat di produksi sebanyak ribuan lembar.Hal ini tentuya tak sepa& jika di bandingkan dg proses membuat Batik Seragam tulis,karena kalau dalam Batik Seragam tulis untuk menyelesaikan satu lembar Batik Seragam saja di butuhkan sekitar 2 bulanan bahkan ada yang sampai hitungan tahun untuk menyelesaika satu lembar Batik Seragam tulis.
ProduksiBatik0029

Nah tentunya hal ini menjadi satu nilai plus lagi bagi produsen & konsumen Batik Seragam cetak printing untuk mengejar omset pesanan dari pelanggan / pasar.

Alat – alat yang di butuhkan untuk membuat Batik Seragam cetak printing 1 . Siapkan alat cetakan sablon ( plangkan beserta rakelnya ) contoh gbr. plangkan,meja sablon,kain yang di sablon,& cara menjalankan rakel untuk proses sablon/print Plangkan yaitu alat wajib dalam proses cara membuat Batik Seragam cetak printing. Alat ini terbuat dari sebuah kain saring yang dibentangkan dalam sebuah bingkai kayu / aluminium. Kain yang digunakan bernama kain monil, yaitu kain yang terbuat dari benang sintetis. Kain monil memiliki karakter tipis, halus, namun sangat kuat. Dg demikian tidak mudah rusak dalam proses sablon. Bingkai terbuat dari kayu jati / aluminium. Kayu yang digunakan harus kuat & lurus. Rakel adalah alat yang berfungsi untuk meratakan, menjalankan & menekan zat warna di dalam plangkan sehingga menembus kain screen. Cat yang menembus inilah yang nantinya membekas & meninggalkan pola dalam kain mori. Rakel terdiri dari dua bagian, yaitu permukaan rakel & gagang rakel.
ProduksiBatik0028 pencuci

Permukaan rakel memiliki berbagai jenis & kualitas.

Masing-masing memilki karakter & sifat yang berbeda. Perbedaan jenis rakel disebabkan bahan warna / cat yang berbeda. Misalnya untuk cat (warna) yang menggunakan basis minyak dg cat yang berbasis air. Gagang rakel tebuat dari kayu yang ringan namun kuat. Sementara permukaan rakel terbuat dari karet / bahan sintetis yang kuat. 2 . Siapkan meja sablon yang empuk ( bagian atasnya dilapisi busa ) minimal berukuran 5 x 1,5 meter untuk jenis sablon untuk motif hem / kemeja lengan pendek. Meja sablon / meja kerja adalah meja yang digunakan sebagai tempat proses cetak sablon .Di dalam pekerjaan sablon kertas, meja kerja mirip dg meja biasa, hanya saja dalam permukaannya menggunakan kaca agar rata. Sementara meja sablon kain Batik Seragam berbentuk meja yang memanjang sampai puluhan meter. Hal ini disesuaikan dg ukuran media (kain mori) yang akan dicetak. Permukaan meja sablon tersusun atas beberapa unsur, masing-masing dari bawah terdiri dari tripleks, karet busa, plastik perlak, & plastik bening biasa. 3 . Siapkan tempat ruangan beratap minimal berukuran 10x 8 meter.
ProduksiBatik0027 pengering

Tempat ruangan / bangunan beratap berfungsi sebagai tempat proses penyablonan agar ga kena panas / hujan langsung ke kain yang lagi dalam proses penyablonan.

4 . Bambu / kayu Untuk menjemur Batik Seragam yang sudah di proses cuci. 5 . Ember plastik / ember bekas cat yang besar untuk menaruh obat. 6 . Bor khusus untuk mengaduk pencampuran obat,baik obat elmosi / garam. 7 . Drum / kolam tempat mencuci Batik Seragam, dalam hal ini biasanya dibutuhkan 3 drum/kolam untuk memperoleh hasil cucian yang maximal. proses pencucian tahap pertama Batik Seragam print 8 . Obat / pewarna. Pewarna membuat Batik Seragam cetak printing terdiri dari berbagai jenis. Masing-masing jenis memiliki karakter & sifat sendiri-sendiri. Macam-macam pewarna sablon Batik Seragam antara lain : “ manuteks “ procion (prosen) “ pigmen “ blinder “ obat base “ thiner “ minyak tanah “ detergen & lain-lain Manuteks Manuteks adalah bahan berbentuk serbuk (bubuk) sebagai bahan untuk campuran berbagai zat pewarna. Diantaranya sebagai campuran obat procion (prosen). Sebelum digunakan obat ini harus diberi air panas sampai berbentuk pasta, kemudian didiamkan selama 12 jam / semalam untuk mendapatkan hasil yang optimal. Selain itu manuteks berfungsi agar hasil penyablonan kelihatan rapi. Procion Procion (prosen) adalah golongan cat reaktif, yaitu golongan cat baru yang langsung menghasilkan warna dalam mori. Warna cat procion sangat menyolok & kuat sehingga sangat disukai para perajin Batik Seragam Pekalongan. Pemakaiannya dalam Batik Seragam sablon dicampur dg manuteks & air panas. Sebelum untuk proses penyablonan harus diinapkan selama satu malam. Beberapa contoh cat procion antara lain : – procion yellow RS – procion briliant personile GS – procion briliant red 2 BS – procion blue 3 GS – procion briliant yellow 6 GS – procion briliant blue RS – procion briliant red 5 BS Vigmen Vigmen adalah obat warna sintetis untuk sablon tekstil berbentuk cair. Karena itu penggunaan untuk sablon harus dicampur dg blinder terlebih dahulu. Blinder Blinder adalah bahan pengental vigmen. Bentuknya pasta berwarna putih / netral. Selain untuk pengental blinder juga berfungsi untuk melicinkan proses penyablonan. Obat Base Obat Base adalah bahan pembangkit warna Napthol yang belum dibuat garam / belum diazokan.
ProduksiBatik0026 kering

Obat-obat base ini lebih rumit karena warna baru akan muncul setelah melalui proses diazoteren lebih dahulu.

Sebelum melalui proses penggaraman (diazo) tersebut warna tidak muncul secara langsung. Tentu hal ini berbeda dg ketika kita menggunakan bahan vigmen / procion. Macam-macam Napthol antara lain : – Naphazol A – Naphazol D – Naphazol F – Naphazol B – Naphazol 3B – Naphazol SW – Naphazol J – Naphazol STR – Naphazol RL – Naphazol TR Macam-macam garam : Garam Personile JS Garam R Garam Bordo GP Garam GG Garam OMerah 3 GL Garam Biru BL Garam Merah B Garam violet B Obat pendukung Yang dimaksud obat pendukung adalah jenis kimia yang berfungsi untuk campuran cairan warna. Obat pendukung tersebut antara lain : Blinder berfungsi untuk mengentalkan vigmen juga untuk melicinkan cat sehingga mudah untuk proses penyablonan. Manuteks berfungsi untuk mengentalkan procion, soda kue, garam. Kaoprint berfungsi untuk campuran obat cabut warna, Waterglass untuk memperkuat warna & sebagainya. Lem Sablon Salah satu langkah awal sebelum proses penyablonan dilaksanakan adalah menata mori di atas meja sablon secara rata sehingga proses pencetakan dapat berhasil secara optimal. Karena itu mori tidak boleh bergeser selama dalam proses penyablonan berlangsung. Lem sablon adalah bahan untuk merekatkan kain mori yang akan di sablon dg permukaan meja sablon. Ada dua macam lem sablon yang beredar di pasaran yaitu lem dg basis minyak & lem berbasis air. Film/ Klise Film / klise dalam proses Batik Seragam sablon merupakan hal yang sangat vital & harus ada. Karena klise / film merupakan desain / gambar rencana motif.
ProduksiBatik0024 jemur

Ada dua macam klise sablon berdasarkan jenis pengembangannya. Untuk pengembangan dg teknik afdruk digunakan klise di atas media transparan seperti plastik mika.

 Sementara untuk pengembangan sistem langsung digunakan klise dg gambar di atas kertas. Gambar pola di atas bahan transparan seperti plastik mika berupa gambar yang berbentuk pekat & apaque / tidak tembus cahaya. Hal ini diperlukan karena sistem afdruk dikerjakan dg teknik penyinaran. Lak Lak adalah bahan penutup pori-pori kain screen agar cat tidak merembes. Lak dapat didapatkan di toko-toko obat sablon tekstil dg mudah. Lak berbentuk cairan yang dapat mengering & keras. Thinner Thinner berfungsi untuk menghapus / menghilangkan lak. Minyak Tanah Berfungsi untuk membersihkan plangkan yang telah selesai untuk proses penyablonan. Caranya minyak tanah di campur dg detergen lalu digosokkan dalam permukaan screen lalu disemprot dg air bersih. 9 . Sumur/mesin pompa air. Fungsinya air sumur sebagai prosees pencucian,pencampur / pengencer garam / zat pewarna Batik Seragam. mesin pompa air sebagai alat penimba otomatis,karena dalam proses membuat Batik Seragam cetak printing ini membutuhkan banyak sekali air,sehingga alat bantu menimba agar waktu & tenaga dapat di persingkat. 10.Toler /paralon lentur untuk saluran air ketika mengisi drum / ketika mencuci plangkan. 11. Karyawan minimal 4 personil . Karyawan / personil yang mengerjakan,di sini diperlukan pembagian tugasnya , ada yang bertugas sebagai pengggerak plangkan ( penyablon),ada juga bagian pencucian finishing,ada juga bagian penjemur,peracik obat,pengenoman ( proses pengeclupan kain ke obat garam ( Asd & Asg ) agar zat warna yang di gunakan untuk sablon dapat nempel ke kain / mori. Demikian sedikit uraian dari tata cara langkah – langkah cara membuat Batik Seragam cetak printing,semoga dapat bermanfaat untuk teman – temanyang ingin mengetahui & ingin belajar membuat Batik Seragam cetak printing. Tentunya sebagai manusia biasa,mungkin saya masih banyak kekurangan & kesalahan dalam penulisan ini.

ProduksiBatik0023 sablon

Seragam Printing print merupakan salah satu jenis Seragam Printing yang baru muncul.

Tidak diketahui pasti kapan mulai dikenal, tetapi kini menjadi produksi Seragam Printing dengan jumlah paling banyak jika dibanding Seragam Printing cap apalagi Seragam Printing tulis. Teknik pembuatan Seragam Printing print relatif sama dengan produksi sablon, yaitu menggunakan klise(kassa) untuk mencetak motif Seragam Printing di atas kain. proses pewarnaannya sama dengan proses pembuatan tekstil biasa yaitu dengan menggunakan pasta yang telah dicampur pewarna sesuai keinginan, kemudian diprintkan sesuai motif yang telah dibuat. Jenis Seragam Printing ini dapat diproduksi dalam jumlah besar karena tidak melalui proses penempelan lilin dan pencelupan seperti Seragam Printing pada umumnya, hanya saja motif yang dibuat adalah motif Seragam Printing. oleh karena itu Seragam Printing print merupakan salah satu jenis Seragam Printing yang fenomenal, kemunculannya dipertanyakan oleh beberapa seniman dan pengrajin Seragam Printing karena dianggap merusak tatanan dalam seni Seragam Printing, sehingga mereka lebih suka menyebutnya kain bermotif Seragam Printing. Secara kasat mata kita dapat membedakan Seragam Printing print dan Seragam Printing tulis/cap dengan melihat permukaan di balik kain, biasanya kain Seragam Printing print warnanya tidak meresap ke seluruh serat kain, dan hanya menempel pada permukaan kain, sehingga di balik kain masih terlihat sedikit berwarna putih. Belakangan muncul perkembangan baru pada Seragam Printing print, dengan adanya metode print malam.Metode ini dapat dikatakan perpaduan antara sablon dan Seragam Printing. pada print malam, materi yang di printkan pada kain adalah malam (lilin) dan bukan pasta seperti Seragam Printing print konvensional. setelah malam menempel, kemudian kain tersebut melalui proses pencelupan seperti pembuatan Seragam Printing pada umumnya.
ProduksiBatik0022 cetak

Plangkan Seragam Batik Printing adalah sebuah alat yang menjadi dasar pola motif untuk proses pembuatan Seragam Batik Printing sablon printing.

Plangkan terbuat dari bingkai kayu dengan kain kasa emulsi sebagai screennya. Di dalam teknik pembuatan spanduk sablon ataupun brosur leaflet sablon juga membutuhkan plankan seperti ini, namun ukurannya yang relatif lebih kecil. Jadi bagi Anda yang pernah melihat teknik pembuatan spanduk, atau kaos sablon, atau brosur leaflet sablon, segera lebih mudah memahami konsep pembuatan Seragam Batik Printing sablon printing. Walaupun sama-sama membutuhkan plangkan, namun jenis kain kasa emulsi yang digunsegera sebagai screen untuk plangkan Seragam Batik Printing dan spanduk jelas sangat jauh berbeda. Kain kasa emulsi yang digunsegera untuk plangkan Seragam Batik Printing mempunyai tingkat kerapatan pori-pori yang lebih padat, sehingga mampu menampilkan motif-motif Seragam Batik Printing yang kecil secara detail. Adapun proses pembuatan plangkan adalah sebagai berikut : Tentukan dulu motif Seragam Batik Printing yang segera diproduksi Gambar pola motif Seragam Batik Printing tersebut di atas kertas kalkir Pilih ukuran plankan yang sesuai dengan desain pola motif Seragam Batik Printing yang segera digunsegera Cetak film di atas screen plangkan (cetsegera plangkan yang pertama ini, segera dijadikan plangkan master) Cetak film pada plangkan berikutnya sesuai warna yang segera digunsegera, caranya dengan melakukan copying plangkan master kepada plangkan warna dan menutup pola berdasarkan warna yang segera digunsegera Sehingga segera dibutuhkan plangkan sejumlah warna yang segera digunsegera Plangkan untuk Seragam Batik Printing biasanya berukuran 1,2 meter X 2,5 meter. Sedangkan ukuran mori yang digunsegera untuk Seragam Batik Printing sablon printing biasanya berukuran panjang 23 meter. Panjang ini menyesuaikan dengan panjang meja yang digunsegera sebagai dasar plangkan. Plangkan Seragam Batik Printing yang masih baru segera nampak putih polos seperti gambar di atas. Untuk plangkan model terbaru saat ini, bingkainya terbuat dari bahan aluminium. Selain bahannya yang lebih awet juga bebannya yang lebih ringan, sehingga memudahkan bagi pengrajin Seragam Batik Printing printing ketika melakukan proses produksi saat harus menggeser plangkan frase demi frase.

 

ProduksiBatik0020 produksi

 Seperti yang kita ketahui ada 3 jenis batik, yaitu batik tulis, batik cap dan batik seragam batik printing.

Di sini akan di jelaskan cara membuat batik seragam batik printing Batik seragam batik printing atau batik sablon adalah jenis batik baru yang mana cara pembuatannya melalui proses sablon manual atau seragam batik printing mesin pabrik. Seperti namnaya, teknik pembuatan batik ini sama sperti pembuatan spanduk hanya saja bedanya adalah pada bahan warna yang digunakan. Berikut adalah peralatan yang digunakan: Desain dalam ukuran satu bahan, dengan ukuran2x1m Plankan yang digunakan untuk batik adalah plankan dengan pori-pori lebih besar, berbeda dengan planan untuk spanduk atau kaos. Pewarna, kain mori dan valet Berikut langkah-langkah proses pembuatannya: Siapkan desain Cetak desain dalam plankan. Jumlah plankan yang dibutuhkan adalah sesuai dengan jumlah warna yang akan digunakan Siapkan kain mori dasar yang akan disablon, dengan posisi kain mori yang kencang Letakan plankan diatas kain, lalu tuangkan pewarna dan tarik pewarna dari ujung plankan ke ujung plankan lainya dengan valet Keringkan kain mori yang telah diberikan warna Ulangi langah di atas, untuk setiap perbedaan warna dan desain Berbeda dengan batik cap, batik seragam batik printing ini hanya satu sisi kain mori saja yang mengalami proses pewarnaan. Sehingga warna dari batik seragam batik printing ini relatif lebih mudah pudar. Dengan teknik pembuatannya yang bisa dikatakan tidka rumit, makan jenis batik ini dapat diproduksi dalam jumlah besar karena tidak melalui proses penempelan lilin dan pencelupan seperti batik pada umumnya. Kelebihan dai batik seragam batik printing adalah kecepatan dalam produksinya, karena sekali cetak satu warna hanya membutuhkan waktu 5 menit dengan hasil sesuai dengan ukuran plankan yang digunakan. Selain itu motif batiknya pun bisa lebih detail. Tekik batik seragam batik printing umumnya digunakan oleh produsen batik untuk memenuhi pakaian dalam jumlah yang cukup besar, sehingga biasa produksinya bisa lebih irit.
ProduksiBatik0019 jemur

Kualitas Batik Printing

Biasanya setelah dijemur kering kain seragam batik akan mengalami pengulangan proses pembuatan dari pencantingan untuk membuat bagian detail –Canting colet-tembok atau celup lorot jemur. Proses ini akan diulang berkali-kali hingga didapatkan kain seragam batik dengan motif yang diinginkan. Semakin banyak detail dan warna tentu akan membutuhkan tenaga serta waktu ekstra dalam pembuatannya. Dengan proses yang begitu panjang dan njelimet rasanya jelas tak mungkin selembar kain seragam batik batik dijual dengan harga rendah. Soal harga yang tak murah itu pula meski pamor batik kini naik dan permintaan atasnya meningkat tajam batik masih menjadi barang mewah bagi sebagian orang. Untuk mengakali hal tersebut lahirlah industri kain seragam batik bermotif batik. Prosesnya biasanya dibagi menjadi dua: print digital dan print lilin dingin. Printing kain seragam batik motif batik. Pada print digital motif yang sudah disiapkan dalam file komputer akan dicetak pada kertas kalkir khusus. Selanjutnya kertas tersebut akan dipres dengan suhu tinggi sekitar 140-220 derajat Celcius pada permukaan kain seragam batik hingga motif tercetak pada kain seragam batik. Sementara print lilin dingin prosesnya mirip dengan sablon. Motif batik yang sudah disiapkan akan dicetak pada screen yang biasa digunakan pada sablon. Tidak seperti batik lilin yang digunakan tidak perlu dipanaskan hingga mencair saat akan digunakan cukup dicampur dengan bensin. Screen kemudian diletakkan di atas kain seragam batik pada permukaan mendatar. Setelah itu lilin dingin dituangkan di atas screen dan diratakan menggunakan rakel alat untuk mendorong dan menekan tinta dari kain seragam batik screen agar menempel pada media yang disablon. Screen yang digunakan harus benar-benar bersih agar lilin bisa menembus pori-pori screen yang sengaja dibuka dan membentuk motif. Selanjutnya setelah diangin-anginkan selama 1-2 hari kain seragam batik tersebut siap diberi warna biasanya dengan menggunakan teknik colet. Baik print digital maupun lilin dingin proses keduanya jauh lebih mudah dan cepat serta tidak membutuhkan tenaga kerja sebanyak industri batik. Namun kedua teknik instan tersebut banyak diperdebatkan karena justru dianggap “memerkosa” batik yang sesungguhnya.

ProduksiBatik0018 ceklist

Seragam batik  Sablon atau Seragam batik  Printing adalah salah satu jenis hasil proses produksi seragam batik  yang teknis pembuatannya melalui proses sablon manual (seperti pembuatan spanduk / kaos) atau printing mesin pabrik.

Jika anda pernah melihat teknik pembuatan spanduk nah seragam batik  sablon ini tidak jauh beda dari itu. Cuman bahan warna yang digunakan jelas beda kualitas dan mutunya. Berbeda dengan seragam batik  cap seragam batik  sablon printing ini hanya satu sisi kain mori saja yang mengalami proses pewarnaan. Sehingga warna dari seragam batik  sablon printing ini relatif lebih mudah pudar. Kelebihan dari seragam batik  sablon printing adalah kecepatan dalam produksinya karena sekali cetak satu warna hanya membutuhkan waktu 5 menit dengan hasil sesuai dengan ukuran plangkan yang digunakan. Selain itu motif seragam batik nya juga bisa lebih detail. Teknik seragam batik  sablon printing umumnya digunakan oleh produsen seragam batik  untuk memenuhi seragam dalam jumlah yang cukup besar sehingga biaya produksinya bisa lebih hemat. Proses pembuatan seragam batik  sablon printin adalah sebagai berikut : Siapkan desain dalam ukuran satu bahan kurang lebih ukuran 2 x 1 meter Cetak film desain dalam plankan (plankan yang digunakan untuk seragam batik  pori-porinya lebih besar dibandingkan dengan plankan yang biasa digunakan untuk spanduk atau kaos). Jumlah plankan yang dibutuhkan adalah sesuai dengan jumlah warna yang akan digunakan. Siapkan kain mori dasar yang akan disablon dengan posisi kain mori yang kencang. Letakkan plankan di atas kain lalu tuangkan pewarna dan tarik pewarna dari ujung plankan ke ujung plankan lainnya dengan valet. Keringkan kain mori yang telah diberikan warna. Ulangi langkah di atas untuk setiap perbedaan warna dan desain. Ciri-ciri seragam batik  sablon printing adalah : Motif bisa tidak berulang Desain bisa lebih detail Warna pada kain hanya tebal di salah satu sisi

ProduksiBatik0016 lihat

 Kain Seragam Batik Printing sebenarnya tidak bisa dikatakan sebagai karya Kain Seragam Batik, karena pada Kain Seragam Batik printing tidak melalui proses peKain Seragam Batikan dimana proses pemKain Seragam Batikan adalah proses perintangan warna dengan menggunakan malam.

banyak yang mendefinisikannya secara berbeda, namun secara garis besar, Kain Seragam Batik printing adalah kain tekstil yang bermotif Kain Seragam Batik. Kain Seragam Batik printing merupakan kain tekstil bermotif Kain Seragam Batik yang dibuat melalui proses hand printing (manual printing/ sablon) dan atau proses printing/cetak dengan menggunakan mesin. Dengan proses printing, semua motif Kain Seragam Batik asli bisa dibuat menjadi Kain Seragam Batik Printing, bahkan lebih bebas dan fleksibel dalam berkreasi dan bisa bermain dengan berbagai pilihan warna yang tidak terbatas. Jika anda pernah melihat teknik pembuatan spanduk (sablon manual), maka seperti itulah Kain Seragam Batik printing itu dibuat. Bahan warna yang digunakan pada Kain Seragam Batik printing jelas berbeda kualitas dan mutunya dibanding dengan Kain Seragam Batik tulis ataupun Kain Seragam Batik cap. Berbeda dengan Kain Seragam Batik cap, Kain Seragam Batik printing ini hanya pada satu sisi kain mori saja yang mengalami proses pewarnaan. Sehingga warna dari Kain Seragam Batik printing ini relatif lebih mudah pudar. Kelebihan dari Kain Seragam Batik printing adalah kecepatan dalam proses produksinya, karena sekali cetak satu warna hanya membutuhkan waktu 5 menit dengan hasil sesuai dengan ukuran plangkan yang digunakan. Selain itu motif Kain Seragam Batiknya juga bisa lebih detail. Teknik Kain Seragam Batik printing umumnya digunakan Proses Pembuatan Kain Seragam Batik Printing Manual oleh produsen Kain Seragam Batik untuk memenuhi seragam dalam jumlah yang cukup besar, sehingga biaya produksinya bisa lebih hemat.

ProduksiBatik0015 quality

Biasanya Batik Printing dipilih

Biasanya Batik Printing dipilih karena : 1. Dibutuhkan kain motif batik dalam jumlah yang sangat banyak, untuk seragam sekolah, seragam perusahaan berskala nasional, dll. 2. Waktu produksi yang tersedia relatif sedikit yang hanya bisa dikerjakan dengan proses batik printing. 3. Warna yang konsisten pada Batik Printing (tidak berubah-ubah). dan masih banyak alasan lain…
ProduksiBatik0014 meja

Ciri-ciri Seragam Batik sablon printing adalah

Ciri-ciri Seragam Batik sablon printing adalah : 1. Motif bisa tidak berulang ataupun berulang sepanjang kain (fleksibel) 2. Desain bisa lebih detail 3. Warna pada kain hanya tebal (jelas) di salah satu sisi kain saja. Teknik Pembuatan Seragam Batik Printing Solo Proses pembuatan Seragam Batik Solo selain menggunakan teknik Seragam Batik tulis dan Seragam Batik cap juga mengembangkan dengan menggunakan teknik Seragam Batik printing. Sama seperti teknik Seragam Batik cap dengan menggunakan teknik ini proses pembuatan Seragam Batik Solo juga akan menjadi lebih cepat. Berikut langkah-langkah pembuatan Seragam Batik Printing Solo : Siapkan desain Cetak desain dalam plankan. Jumlah plankan yang dibutuhkan adalah sesuai dengan jumlah warna yang akan digunakan Siapkan kain mori dasar yang akan disablon, dengan posisi kain mori yang kencang Letakan plankan diatas kain, lalu tuangkan pewarna dan tarik pewarna dari ujung plankan ke ujung plankan lainya dengan valet Keringkan kain mori yang telah diberikan warna Ulangi langah di atas, untuk setiap perbedaan warna dan desain Berbeda dengan teknik Seragam Batik cap, Seragam Batik printing ini hanya satu sisi kain mori saja yang mengalami proses pewarnaan. Sehingga warna dari Seragam Batik printing ini relatif lebih mudah pudar. Dengan teknik pembuatannya yang bisa dikatakan tidka rumit, makan jenis Seragam Batik ini dapat diproduksi dalam jumlah besar karena tidak melalui proses penempelan lilin dan pencelupan seperti Seragam Batik pada umumnya.

ProduksiBatik0013 jarikjawa

Proses Pembuatan Seragam Batik Printing.

Proses Pembuatan Seragam Batik Printing. Seragam Batik printing merupakan salah satu Seragam Batik yang tergolong baru dari sisi metoda pembuatan. Ada tiga cara membuat Seragam Batik, yaitu Seragam Batik tulis atau Seragam Batik canting, Seragam Batik cap, dan Seragam Batik printing. Proses pembuatan Seragam Batik printing hampir sama dengan pembuatan spanduk yaitu dengan menggunakan sablon manual atau mesin printing pabrik. Dengan dikembangkannya Seragam Batik printing diharapkan akan mampu menghasilkan kain Seragam Batik yang bagus dan berkualitas dan didapatkan dengan proses pengerjaan yang relative cepat. Adapun proses pembuatan Seragam Batik printing adalah sebagai berikut : Siapkan desain Seragam Batik atau motif yang akan anda gunakan, juga logo instansi apabila diperlukan; Selanjutnya adalah Cetak desain dalam plankan, sesuaikan dengan jumlah warna yang akan digunakan; Siapkan kain mori dasar yang akan disablon, pastikan posisi kain mori kencang sehingga kain tidak akan bergeser. Letakan plankan diatas kain yang akan di print, kemudian tuang pewarna dari ujung plankan ke ujung plankan lainya dengan menggunakan valet Setelah itu, keringkan kain mori yang telah diberikan warna. Proses selanjutnya adalah mengulangi langkah di atas, untuk setiap perbedaan warna dan desain. Seragam Batik printing hanya bermotif pada satu bagian sisi kain saja, sehingga warga bagian belakangnya cenderung lebih putih. Namun kelebihan printing ini adalah mudah dibuat dan prosesnya cepat, selain itu untuk jumlah produksi yang banyak akan lebih menghemat waktu dan biaya. Kunjungi kami segera untuk mengetahui proses pembuatan Seragam Batik printing. Kami melayani pemesanan jasa printing Seragam Batik, Pembuatan seragam Seragam Batik sekolah, seragam Seragam Batik kantor, cetak Seragam Batik printing, dan cetak kain motif.
ProduksiBatik0012 pajang

Yaitu Kain Seragam Batik yang penggambarannya menggunakan mesin.

Yaitu Kain Seragam Batik yang penggambarannya menggunakan mesin. Jenis Kain Seragam Batik ini dapat diproduksi dalam jumlah besar karena menggunakan mesin modern. Kemunculan Kain Seragam Batik printing dipertanyakan oleh beberapa seniman dan pengrajin Kain Seragam Batik karena dianggap merusak tatanan dalam seni Kain Seragam Batik, sehingga mereka lebih suka menyebutnya kain bermotif Kain Seragam Batik. Alat dan bahan: * Kain polos * Zat Pewarna * Mesin Cetak/Print * Ember (untuk mencuci kain) Cara Pembuatan: * Gambarlah motif ragam hias pada computer, kemudian print-kan/ cetak pada kain polos dengan menggunakan mesin cetak.. * Cucilah kain hingga bersih dan bilaslah berulang-ulang. * Keringkan di tempat teduh (diangin-anginkan).

ProduksiBatik0011 produksi

Seperti halnya pekerjaan pembuatan Kain Seragam Batik tulis maupun cap, dalam Kain Seragam Batik printingpun harus melalui tahapan-tahapan dan langkah-langkah kerja yang berurutan.

Seperti halnya pekerjaan pembuatan Kain Seragam Batik tulis maupun cap, dalam Kain Seragam Batik printingpun harus melalui tahapan-tahapan dan langkah-langkah kerja yang berurutan. Yang dimaksud dengan langkah berurutan yaitu tahapan-tahapan yang saling berkaitan. Satu langkah dapat dikerjakan bila langkah sebelumnya telah selesai dikerjakan. Hal ini juga berarti bahwa di dalam proses pembuatan Kain Seragam Batik sablon tidak dapat dilaksanakan dua langkah secara bersamaan. Adapun urutan langkah pokok pembuatan Kain Seragam Batik printing adalah sebagai berikut : 1. Membuat desain (pola) Kain Seragam Batik 2. Membuat klise (film) 3. Membuat plangkan master 4. Proses penyablonan 5. Finishing 1. Membuat Desain Pola Membuat pola atau desain Kain Seragam Batik sablon sebenarnya hampir sama dengan pembuatan pola atau desain Kain Seragam Batik tulis maupun cap, yaitu raport pola harus bisa disambungkan ke kanan, ke kiri, atau ke atas. 2. Membuat Klise ( Film ) Pembuatan klise merupakan langkah yang mutlak harus ada dalam proses pekerjaan Kain Seragam Batik sablon. Karena dari pekerjaan inilah proses pekerjaan dimulai. Klise Kain Seragam Batik sablon adalah bahan awal (master) yang nantinya akan dipindahkan ke dalam plangkan screen dan menjadi alat cetak. Film klise adalah gambar pola yang dibuat di atas lembaran mika plastik bening dengan bahan tinta yang pekat dan tidak tembus cahaya. Hal ini disebebkan sistem afdruk menggunakan penyinaran. Langkah ini dapat dikerjakan apabila desain pola di atas kertas sudah jadi. Pemindahan pola ke atas mika plastik bisa dilakukan dengan komputer, namun dapat pula dilakukan dengan tangan. Letakkan plastik mika di atas pola gambar yang telah dibuat di atas kertas, kemudian gambarlah dengan tinta yang khusus untuk pembuatan film sesuai gambar polanya. 3. Membuat Plangkan Master Pembuatan plangkan master artinya pembuatan alat cetak yang sebenarnya. Kegiatan ini adalah memindahkan pola rencana yang semula dibuat di atas kertas ke permukaan plangkan.Pekerjaan ini biasanya dikerjakan seorang ahli karena memiliki tingkat kesulitan dan kerumitan yang tinggi. Pemindahan pola ke dalam screen monil ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu ; pemindahan dengan tangan dan pemindahan dengan tekhnik afdruk. 4. Proses Penyablonan Proses penyablonan adalah kegiatan inti dari pekerjaan ini. Kegiatan ini berisi pemindahan pola pada plangkan master ke atas kain mori sehingga menjadi sebuah kain Kain Seragam Batik printing. Jejak pemindahan ditentukan menurut warna yang dikehendaki. Setiap pola dan warna membutuhkan sekali proses. Dengan demikian bila desain terdiri dari satu warna, maka dibutuhkan sekali penyablonan. Dua warna dua kali proses penyablonan, tiga warna tiga kali proses penyablonan dan seterusnya. 5. Finishing Finishing adalah langkah terakhir sebuah proses (pekerjaan) penyablonan. Finishing Kain Seragam Batik sablon sangat bervariasi tergantung bahan yang digunakan. Untuk sablon dengan bahan prosion, soda kue, dan manutek pengerjaan terakhirnya adalah pelorodan yang berupa pencelupan kain sablo ke dalam air panas setelah diinapkan selama satu malam.

ProduksiBatik0010 sablon

Meja Percetakan Batik Yang Memenuhi Standart.

Disini paragraf
ProduksiBatik0009 screen

Kain Seragam Batik Printing adalah salah satu jenis hasil proses produksi Kain Seragam Batik yang menggunakan teknik sablon manual atau otomatis dengan mesin.

Kain Seragam Batik Printing adalah salah satu jenis hasil proses produksi Kain Seragam Batik yang menggunakan teknik sablon manual atau otomatis dengan mesin. Kain Seragam Batik jenis ini yang biasa juga disebut Kain Seragam Batik sablon bisa dibilang merupakan teknik per-Kain Seragam Batik-an yang paling modern atau tidak tradisional, karena pengerjaannya tidak jauh beda dengan pembuatan kaos atau spanduk sablon saat ini. Walaupun masuk kedalam jenis Kain Seragam Batik, teknik ini tidak menggunakan malam/lilin seperti Kain Seragam Batik tulis dan Kain Seragam Batik cap, namun menggunakan pasta yang telah dicampur pewarna, padahal seperti yang kita tahu Kain Seragam Batik dan malam itu sangat erat kaitannya bukan.ProduksiBatik0008 mejabatik

Proses pembuatan Kain Seragam Batik printing

Proses pembuatan Kain Seragam Batik printing 1. Pewarnaan 1. Obat yang sudah dituang siap untuk dipakai 2. Mori/bakal yang akan diwarnai ditata dengan rpi dan jangan sampai melipat atau bertumpukan 3. Letakan obat siap pakai ke dalam bak/jeger 4. Tuang secukupnya untuk ukuran seberapa banyak mori/bakal yang akan diwarnai 5. Lakukan pewarnaan dengan hati-hati agar warna rata tidak blenteng 6. Mori/bakal satu-persatu dicelupkan atau diputar dalan jeger 7. Pewarnaan sebaiknya dilakukan di tempat yang terang agar warna dapat kelihatan rata tidak blenteng 8. Mewarnai sebaiknya dilkuka berkali-kali agar warna tidak mudah luntur 2. Penjemuran 1. Penjemuran Kain Seragam Batik/mori yang sudah diwarnai 2. Dijemur di tempat-tempat yang tertutup dan jauh dari sinar matahari 3. Penjemuran pun bisa dilakukan di tempat yang panas bagi Kain Seragam Batik/bakal yang sudah jadi 3. Penyablonan 1. Mori atau bahan yang sudah diwarnai bisa disablon atau dicap dengan canting 2. Penyablonan bisa dilakuakn dengan memakai canting tembaga, canting kayu ataupun dengan plangkan 3. Penyablonan menggunakan plangkan memakan waktu lebih sedikit karena penyablonan memakai plangkan sekali jadi karena berbeda obat 4. Pelorotan (finishing) maksudnya dilayar/dilorot yaitu direbus kemudian kain itu direndam satu hari bilamana perlu bersih dan putih, kemudian kain itu ditemplong, yaitu kain tersebut dibasuhi air, ditumpuk yang rapi lalu disetrika gunanya supaya kain tersebut halus.

ProduksiBatik0005 telitibatik

ProduksiBatik0004 jarikklasik

Memandangi Hasil Cetakan Batik Untuk Pantau Kualitasnya

Semakin bagus kualitas kain batik, maka harganya juga akan semakin mahal.  Jadi, ketika Anda membalik kain batik, motif dan warna yang ada di bagian kain batik ini. Apabila kain batik tersebut memiliki cetakan warna dan corak yang sama pada sisi luar dan dalam, berarti jenis batik tersebut memiliki kualitas terbaik. Kualitas kain batik akan berpengaruh terhadap kenyamanan saat memakainya. Dan jika Warna cetakan yang sama pada sisi luar dan dalam kain. Warna dasar putih memang membuat kain mori paling mudah selain daripada kualitas  ukuran, tekstur kain, dan kualitas benang tenun yang digunakan.
ProduksiBatik0032 kain

KlikCharWAKayamaraBatikJilbab

artikel lainnya PROSES PENGAWASAN KUALITAS SERAGAM BATIK PRINTING MOTIF JARIK KLASIK

Selasa 16 Januari 2018 | Blog, Dinas, Kantor, Motif, Sekolah

seragam batik iwapi Seragam batik iwapi dengan bahan dan motif ekslusif. IWAPI ialah Ikatan Wanita Pengusaha…

Selasa 16 Januari 2018 | Blog, Kantor, Motif, Sekolah

seragam batik kerja online Untuk memberikan kesan cinta budaya, pemerintah telah menganjurkan para pegawai negeri atau…

Jumat 19 Oktober 2018 | Blog

Produsen Kain Batik Seragam. Kami merupakan produsen Resmi kain seragam batik CEMANI. Dengan harga dan kualitas…

Rabu 19 Juli 2017 | Blog, Kantor, Keluarga, Komunitas, Motif, Pernikahan

Jual Kain Batik Seragam Haji, Perlengkapan Umum Putra Putri dengan harga Rp 40.000 dari toko online…

Salam hangat, Perkenalkan Kami Adalah Kayamara Batik, Printing Baju Batik Yang Beralamat di Karanganyar Soloraya,

Produk baju batik seragam berlogo merupakan suatu kebanggaan anda, baju batik seragam kerja pria kain batik seragam memiliki daya tarik sendiri dan sebagai citra dari sebuah organisasi. Kami menawarkan jasa pembuatan seragam batik dengan motif yang

Jl. Salak 5 No. 125 Ngringo, Jaten, Karanganyar 57772, Solo - Indonesia
0271-8202839
085647595948
085647595948
marketingkayamara@gmail.com